Sabtu, 15 Oktober 2011

2012, Penggunaan Cloud Melonjak 400%


JAKARTA - Walaupun pertumbuhan cloud di Indonesia tahun ini tergolong rendah, namun perkembangan pesat diprediksi akan terlihat di tahun 2012.

Telkomsigma yang merupakan salah satu operator penyedia layanan cloud dan anak perusahaan Telkom Group, kini sedang berupaya untuk mengedukasi enterprise di Indonesia untuk menggunakan cloud. Edukasi yang dilakukan ialah dengan memberikan pengetahuan mengenai manfaat yang ditawarkan Information Tecnology (IT) dalam hal pertumbuhan bisnis di Indonesia dengan memperkenalkan teknologi komputasi awan dari TelkomCloud.

"Kami melihat pelan-pelan penggunaan cloud akan tumbuh, khususnya di Indonesia dan tahun depan diprediksi akan mengalami lonjakan pertumbuhan yang sangat besar," ungkap Bimo H. Purbo, Associate Director Cloud Computing Telkomsigma, di Gerbera Room, Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2011).

TelkomCloud sendiri, diakui Bimo menjadi area dengan tingkat pertumbuhan yang sangat strategis bagi Telkom Group. Peningkatan penggunaan cloud akan meningkat secara agresif di tahun depan.


"Kami memprediksi pertumbuhan penggunaan cloud akan meningkat secara agresif mencapai 400 persen di tahun 2012 dari segi kontribusi revenue untuk bisnis cloud di Indonesia. Sebenarnya angka itu masih masuk dalam kategori moderat, karena seharusnya bisa lebih besar dari angka itu," paparnya.

"Telkomsigma telah melakukan penelitian dan perbandingan tingkat efisiensi dari pihak internal pegawai dan eksternal, yakni pengguna mengenai pemakain server biasa dan teknologi cloud. Kami menemukan dengan menggunakan cloud rata-rata mereka mengalami penghematan mulai dari 30 hingga 50 persen dibanding penggunaan server sendiri," simpulnya.

Bimo menyatakan saat ini sudah banyak enterprise yang mulai percaya dan beralih menggunakan cloud, selain alasan keamanan yang terjamin, kebutuhan serta kapasitas penggunaan storage di cloud bisa mengikuti keinginan pelanggan. Terlebih proses upgrade untuk kapasitas juga tergolong cepat.

"Kecepatan proses transformasi ke arah cloud memang terbilang cepat dan mudah, namun semuanya itu bergantung pada seberapa kompleks perusahaan yang akan menggunakan cloud tersebut," tutupnya. (tyo)

0 komentar:

Posting Komentar

Assalamu Alaikkum wr wb,,, Selamat datang di blog aku yaah semoga kita bisa saling menukar informasi & berbagi ilmu,, Salam Dari firdhaus

Hamster kesayangan Gue ,,,,

 
;